Situs Purbakala Di Era Modern : Karya Bupati Tuban

Oleh: Habibul Anshori

Situs Purbakala di era Modern Karya Bupati Tuban. Pada tahun 2017 Bupati Tuban menetapkan peraturan bupati no. 37 yang isinya tentang perencanaan dan pembangunan e-government. Perencanaan dan perancangan tata kelola pemerintahan secara daring sebagai basis pelayanan dan keterbukaan kepada warga Tuban.
Sesuai dengan cita-cita luhur itu bupati menggelontorkan banyak anggaran untuk membuat rancang-bangun e-government. Sampai pada akhir tahun 2018 berujung semua desa di kabupaten Tuban memiliki website desa.
Website desa yang sudah ada pada setiap desa di kabupaten Tuban saat ini merupakan pengembangan dari content management system (CMS) yang dibangun kelompok mandiri non-pemerintah-an dengan nama openSID, pengembang openSID merupakan kelompok mandiri diluar pemerintah yang memberikan secara gratis kepada seluruh desa di Indonesia.
Alih-alih membangun e-government bagi seluruh desa untuk pelaksanaan dan pelayanan warga, nampaknya. Sistem informasi desa yang digunakan saat ini bak situs purbakala diera modern.
Layak mendapatkan gelar situs purbakala di era modern ini, ada sekian fakta yang perlu diperhatikan:

  1. OpenSID yang sejatinya open source bisa digunakan secara gratis oleh organisasi perangkat desa.
  2. Fitur openSID, kelengkapan fasilitas pada sistem informasi desa yang cukup kompleks namun tidak digunakan secara optimal oleh perangkat desa.
  3. Rerata situs desa yang ada saat menjadi situs yang tidak pernah diperbaharui baik secara sistem atau informasi (baca: konten).
  4. Pengelolaan sistem informasi desa/website desa, diserahkan kepada aparat yang tidak bertumpu pada semangat melayani kebutuhan warga.
  5. Pembangunan jaringan internet seluruh balai desa yang ada di Tuban dengan dana yang fantastis.
  6. Pembelian paket data untuk kantor kepala desa dengan harga yang Wow, jika ingin tahu harga paket internet di kantor desa, monggo tanya ke kantor desa masing-masing ya…
    OpenSID/website desa memiliki fitur dan cita-cita luhur saat ini menjadi sesuatu teknologi mutakhir lebih, melewati kemampuan aparatur pengelolanya. Kemana para pemegang kunci atau admin openSID di desa masing-masing?
    Pelatihan yang pernah digelar oleh dinas terkait dalam rangka upgrading para pemegang kunci website desa nampaknya tidak membuahkan hasil, dengan fakta, pelayanan permintaan surat yang bisa dilakukan dengan fitur openSID saat ini tidak berjalan.
    Fakta lain dalam beberapa website desa, hanya terdapat pamflet/pengumuman kegiatan yang sudah usang. Bahkan untuk informasi dasar seperti struktur perangkat desa saja tidak ada.
    Maka dari itulah mari kita memberikan ucapan selamat kepada pemerintah kabupaten Tuban yang telah mencetak rekor, telah membuat situs purbakala di era modern dalam bentuk “Website Desa”.

Penulis Adalah Pengamat Teknologi Terbarukan

About Tuban Literasi

Komunitas Gerakan Tuban Menulis
View all posts by Tuban Literasi →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *