Gerakan Pramuka MAN 1 Tuban Gelar PTA

Gerakan Pramuka Gugus depan Pandawa Pancagati (Gudep 03.135.03.136) MA Negeri 1 Tuban menggelar perkemahan dalam rangka penerimaan tamu Ambalan (PTA), pembukaan PTA di laksanakan di halaman MAN 1 Tuban (2/8/19).
Upacara pembukaan kegiatan tersebut dilakukan secara adat ambalan Pramuka MA Negeri 1 Tuban yang di ikuti oleh seluruh kelas X mulai jurusan Agama, Bahasa, MIPA dan IPS.
Hadir dalam upacara pembukaan tersebut, Kepala MA Negeri 1 Tuban Dr. H. M. Badar, M. Ag,. M.M. dan Seluruh bapak ibu Guru, Kepegawaian MA Negeri 1 Tuban.


Kepala MA Negeri 1 Tuban Dr. H. M. Badar, M. Ag dalam arahannya di hadapan para peserta penerimaan tamu ambalan mengatakan, pramuka merupakan organisasi kepemudaaan bersifat membina dan mendidik generasi muda untuk menjadi manusia dewasa yang aktif, produktif, enerjik, berdaya guna tinggi. Bertanggung jawab, terampil, disiplin, dan berdedikasi tinggi . Itulah yang harus di realisasikan dalam isi Dasa Dharma Pramuka dan Trisatya. Jadi jangan teori saja,harus di ralisasikan dalam kehidupan sehari-hari Dasa Dharma dan Trisatya .


Menurutnya penerimaan tamu ambalan merupakan salah satu kegiatan rutin Gudep Pramuka MA Negeri 1 Tuban setiap tahunnya. Pada masa perkenalan peserta didik baru dikenalkan pada lingkungan Madrasah (MATSAMA) . Kalau penerimaan tamu ambalan, tamu ambalan dikenalkan pada kegiatan pramuka yang ada di MA Negeri 1 Tuban. terutama setiap hari Jum’at kegiatan Pramuka Wajib di ikuti oleh seluruh kelas X. Tutupnya dalam sambutan.


Dalam penerimaan tamu Ambalan ini, para siswa diajak melakukan berbagai macam kegiatan, di antaranya menjelajahi alam bebas atau biasa disebut happy adventure atau hiking, sedangkan untuk pagi harinya para calon tamu ambalan disegarkan dengan berbagai macam kegiatan seperti out bond dan acara kegiatan hiburan.

Dengan digelarnya kegiatan tamu ambalan para siswa setidaknya mengetahui kalau status mereka dalam dunia pramuka telah berubah, yang dulunya masih pramuka tingkat Penggalang di SMP sekarang akan memasuki tingkatan yang baru yakni pramuka tingkat Penegak. sehingga dapat menanamkan jiwa yang disiplin dan bertanggung jawab.(Red/MTB).

About Tuban Literasi

Komunitas Gerakan Tuban Menulis
View all posts by Tuban Literasi →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *