KPU Tuban Libatkan Relawan Disabilitas

Tuban (02/02/19). Menyambut pemilu serentak 17 april mendatang komisi pemilihan umum kab. Tuban melakukan rekrutmen relawan demokrasi, yang mana relawan nanti akan bertugas sebagai mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat. Sedikitnya sebanyak 155 pendaftar menyerahkan berkas lamarannya ke KPU di jalan Pramuka No. 03 Tuban.

Dari 155 jumlah pendaftar itu, nanti akan diambil 55 orang yang telah dianggap layak sesuai kebutuhan. Diantara banyaknya pendaftar tersebut, ternyata ada juga pendaftar yang memiliki kebutuhan khusus/difabel.

KPU membagi masyarakat dalam pemilu nanti menjadi 11 kelompok yaitu, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, kelompok disabilitas, berkebutuhan khusus, warga internet, kelompok agama, kelompok marjinal, dan relawan demokrasi.

Para pendaftar yang sudah dinyatakan lolos menjadi relawan nanti akan disebar di setiap kelompok tersebut, termasuk juga relawan yang memiliki kebutuhan khusus/difabel. Mereka akan menjadi penyuluh bagi masyarakat/kelompok disabilitas di kabupaten Tuban.

Dengan adanya program relawan demokrasi ini, diharapkan mampu mendorong kesadaran serta tanggung jawab masyarakat dalam segmentasi manapun untuk mau menggunakan hak suaranya dalam pemilu nanti.

(Yudha Eko S.)

, ,

About Tuban Literasi

Komunitas Gerakan Tuban Menulis
View all posts by Tuban Literasi →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *