Mengenal Daerah Pemilihan (Dapil)

(07/04/2019). Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Namun jangan gagal fokus, karena Pemilu kali ini akan dilakukan serentak. Jadi, kenalilah 5 macam kertas Suara yang akan anda coblos. Ingat, suara anda menentukan masa depan Bangsa.

Mari kita mengenal Dapil

Daerah pemilihan atau sering disingkat Dapil adalah istilah umum dalam Pemilihan Umum di Indonesia yang merujuk pada batas wilayah atau jumlah penduduk yang menjadi dasar penentuan jumlah kursi yang diperebutkan, dan karena itu menjadi dasar penentuan jumlah suara untuk menentukan calon terpilih.

Jawa Timur memiliki XIV Dapil yang dikelompokkan dari sejumlah Kabupaten/Kota. Jumlah ini bertambah yang awalnya hanya XI Dapil. Kemudian, Dapil DPRD Kabupaten/Kota juga merupakan pengelompokkan dari sejumlah Kecamatan. Lebih lengkapnya, lihat di laman KPU masing-masing.

Katakanlah Kab. Sidoarjo. Ada 6 Dapil yang meliputi Dapil I (Kec. Sidoarjo, Buduran, Sedati), Dapil II (Kec. Candi, Jabon, Porong, Tanggulangin), Dapil III (Kec. Krembung, Tulangan, Prambon, Wonoayu), Dapil IV (Kec. Balongbendo, Krian, Tarik), Dapil V (Kec. Sukodono, Taman), Dapil VI (Kec. Gedangan, Waru).

Para Caleg akan merebutkan suara di Dapil Masing-masing. Namun, sebelum memilih, kita harus mengenal rekam jejak calon Wakil-wakil kita di Dapil masing-masing, agar tidak salah pilih.

Tentu, pada Pemilu 2019 yang akan datang ini akan muncul Caleg incumbent dan Caleg-caleg baru. Seperti di Dapil V kab. Sidoarjo, ada beberapa Caleg incumbent yang cukup kuat diantaranya, H. Sullamul Hadi Nurmawan (PKB), Saifuddin Affandi (PKB), Hj Ummi Khadah (PPP), Ali Sutjipto (Golkar), Bambang Riyoko (PDIP), Abdulloh Mukhlis (PKB), Adhy Syamsetyo (PAN).

Beberapa Caleg baru juga cukup diperhitungkan dan memiliki potensi harapan baru bagi masyarakat. Politisi Gerindra misalnya, Nama Mochamad Yanto sebagai Caleg Dapil V (Taman, Sukodono) Sidoarjo ini menjadi daya tarik baru di Dapil V. Mantan aktivis sosial kemasyarakatan ini akan ikut andil dalam pencalegan. Tapi, apakah Caleg-caleg baru mampu bersaing dengan Incumbent?. Masyarakatlah yang menentukan. (Ad/Kontributor Sidoarjo)

, ,

About Tuban Literasi

Komunitas Gerakan Tuban Menulis
View all posts by Tuban Literasi →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *